Jumat, 09 November 2012

MEMULAI BUDIDAYA LELE SANGKURIANG (TIDAK) MUDAH

Tadinya saya mau buat judul ‘Memulai Budidaya Lele Sangkuriang Mudah’. Karena memang tidak begitu sulit memulai usaha ini. Tapi rasanya takabur jika saya bilang mudah.




Mulanya usaha Naren Catfish Farm (NCF) ini dirintis oleh saya sendiri dan di bantu oleh kaka saya. Modalnya tanya kiri kanan ditempat peternakan lele atau kesiapa aja yg punya ilmu perlelean, lalu nekat lansung nyoba dan terus menambah ilmu. Dari bertanya, kemudian pinjam buku, maka dengan sendirinya ilmupun bertambah. Awalnya juga ngga tau beda lele dumbo dengan lele sangkuriang. Toh lele Sangkuriang masih saudara sedarah dengan lele Dumbo, jadi sekilas perawakannya tak jauh beda.

Satu hal lagi sumber informasi yg jangan dilewatkan adalah searching internet. Maka anda akan menemukan ribuan informasi teknik dan tata cara beternak lele Sangkurian. Satu hal yg perlu anda pegang, yg anda hadapi adalah mahluk hidup. Jadi tidak ada rumus baku tentang teknik budidaya ini. Bahkan dibeberapa informasi terjadi perbedaan. Anda jangan menyalahkan dahulu. Banyak variabel yg mempengaruhi ketika kita beternak ikan air tawar ini. Dan mereka memberikan informasi atas pengalaman dilapangan bertahun tahun di lapangan.

Dari pengalaman kami yg belum setahun berkecimpung di budidaya lele, khususnya Sangkuriang ini, ada dua buku yg menjadi acuan. Kebetulan dua buku ini yg pertama didapat. Satu karya Nasrudin dan satu lagi karya Usni Arie. Dengan dua buku itu plus searching internet dan jangan malu dan malas untuk terus bertanya, saya yakin modal anda sudah cukup untuk ‘Memulai Budidaya Lele Sangkuriang’.

Satu kalimat bagus saya kutip dari buku bung Usni Arie, ‘beternak lele tidak jauh berbeda dengan membesarkan anak. Jika anda ingin berhasil membesarkannya, tiga hal yg perlu anda perhatikan, bibit yang baik, lingkungan yang baik dan makanan yang baik’.

Nah tiga hal ini, bibit, lingkungan dan makanan akan saya bahas ditulisan berikutnya. Bagaimana, anda siap untuk untuk mulai belajar budidaya lele?

2 komentar:

  1. kalau usaha sudah berjalan baik maka produk bisa dipasarkan secara online salah satunya dengan cara jualan di facebook.

    BalasHapus
    Balasan
    1. OK MAKASH SARANNYA MAS, SEKARANG MEMENAG SYA SDH MERAMBAH DI FACEBOOK

      Hapus