Jumat, 04 Januari 2013

PAKAN LELE


Bagian kedua sebagai dasar yang harus dikuasai dalam budidaya lele Sangkuriang adalah pemberian pakan lele Sangkuriang yang tepat. Penguasaan pakan  lele yang baik, akan mendapatkan hasil yang maksimal.  Makanan merupakan komponen pengeluaran terbesar dalam budi daya lele. Kegagalan penguasaan pemberian pakan lele yang tepat menjadi faktor penentu kelansungan budi daya ini. Banyak pemula yang gulung tikar dan menyerah meneruskan usaha karena kendala penguasaan pakan.
Hal hal yang harus diketahui dalam pemberian makan untuk lele sangkuriang adalah jenis, waktu dan jumlah yang tepat. Secara garis besar akan kita bahas dibawah ini.
Benih Lele sangkuriang umur 4 hari.
Benih Lele sangkuriang umur 4 hari.
Diawali pada segmen pembenihan. Ketika tahap larva, lele sampai umur lebih kurang 3-4 hari belum membutuhkan makanan. Larva larva tersebut membawa kuning telur alami sebagai cadangan makanan sampai berumur 4 hari.
Setelah itu sampai dengan berumur 11-13 hari lele membutuhkan makan yang sesuai dengan besar tubuhnya. Idealnya lele diberi pakan alami, yaitu pakan yang dihasilkan oleh alam. Karena kealamiannya inilah pakan ini mengandung protein cukup tinggi sehingga sangat baik untuk pertumbuhan ikan lele. Adapun yang biasa diberikan oleh peternak adalah cacing sutera. Pakan alami lainnya adalah kutu air, plankton,  atau mikroorganisme lainnya yang biasa tumbuh di dalam kolam.
Setelah itu pelet sudah dapat diberikan. Dimulai dengan tepung pelet sampai dengan pelet ukuran penuh yang sesuai dengan besarnya mulut lele. Pemberian pakan buatan pabrik ini sangat mahal harganya. Makanya kita harus pintar pintar mencari pakan tambahan yang ada disekitar kita, contoh ayam tiren, bekicot atau yang lainnya yang mengandung protein cukup tinggi. Yang perlu mendapat perhatian adalah pengolahan yang tepat dan tentunya menjaga kebersihan dari pakan tambahan tersebut.
Idealnya pakan diberikan 3-5 kali sehari. Sebagai hewan karnivora yang mencari makan dimalam hari, porsi terbesar makanan diberikan pada malam hari. Pemberian pakan berkisar 3% dari berat lele. Pengalaman kami, ciri lele yang cukup pakannya adalah apabila pergerakan lele berkurang dengan sendirinya setelah ditebarnya pelet.
Dengan praktek lansung dilapangan, menghitung dan membandingkan pertumbuhan lele siap panen, para peternak akan mengetahui dengan sendirinya jumlah makanan lele Sangkuriang yang ideal.

2 komentar:

  1. untuk pakan larva lele, microworm mungkin bisa jadi alternatif

    BalasHapus
  2. TRIM SARANNYA BRAPA HARGA MICROWORM DAN SAMAPI UKURAN BRAPA UTUK LARVA GAN.

    BalasHapus